Realme 11 Pro+ 5G, Desain Elegan, Kamera 200 MP

Andi Telaumbanua


Realme merek smartphone yang memulai debutnya di Indonesia sejak 2018 yang lalu, kembali meluncurkan produk barunya yakni Realme 11 Pro+ 5G. Gawai ini menawarkan kemampuan yang luar biasa dengan fitur-fitur canggih untuk memberi rasa kagum bagi penggunanya.

Desain

Dimulai dari bentuknya, Smartphone ini memiliki bodi yang ramping dan frame yang kokoh dengan bodi belakang berbahan Premium Vegan Leather. Vegan Leather adalah kulit sintetis yang hampir mirip dengan kulit hewan, Vegan Leather juga sering disebut sebagai kulit imitasi. untuk membuat kulit imitasi ini umumnya dilakukan ikatan antara lapisan plastik ke lapisan kain. 

Ada dua pilihan warna untuk bodi belakangnya yaitu Sunrise Beige dan Oasis Green, desain ini adalah hasil koloborasi Realme Desain Studio dan Matteo Menotto. Warna Sunrise Beige mengacu ke tema cahaya pagi menyaring dari langit kota, membangunkan kota pada setiap momen keberangkatan, sedangkan warna Oasis Green bertema Kota bertemu alam, momen harmoni yang sempurna.

Dua pilihan warna itu menciptakan efek visual yang menarik untuk dilihat. Karena didukung dengan tampilan layar melengkung, AMOLED 6.7 inci yang mendukung refresh rate 120 Hz dengan resolusi 1080 x 2412 piksel, rasio 20 : 9 yang menghasilkan gambar halus dan responsif terutama saat digunakan bermain game maupun menonton.

Teknologi

Realme 11 Pro+ 5G dibekali dengan Chipset Mediatek Dimensity 7050, chipset atau SoC atau yang lebih dikenal dengan prosesor ini merupakan chipset kelas menengah yang mulai diperkenalkan pada Mei 2023 yang lalu. Untuk memaksimalkan kinerjanya, chipset tersebut didukung oleh RAM 12 GB dan memungkinkan dilakukan penambahan RAM 12 GB lagi sehingga menjadikannya RAM yang dinamis besar yang multi-tasking mulus seperti sutra. Untuk penyimpanannya tersedia ROM 512 GB memberikan ruang penyimpanan yang besar untuk semua kenangan dalam bentuk foto dan video. Namun smartphone ini tidak didukung untuk penambahan memori eksternal.

Chipset yang terpasang itu memiliki CPU octa-core dengan dua inti Cortex-A78 berkecepatan 2,6 GHz dan enam inti Cortex-A55 berkecepatan 2,0 GHz. GPU-nya adalah Mali-G68 MC4 , dengan semua itu game-game berat pun akan berjalan dengan lancar penggunaanya.

Sedangkan untuk sistem operasinya menggunakan Android 13 dengan antarmuka Realme UI 4.0 membuat penggunaannya cukup ringan, mulus, dan ramah pengguna. Untuk sensor fingerprintnya berada di bawah permukaan layar.

Bagi wilayah-wilayah tertentu, Realme 11 Pro+ 5G sudah didukung untuk dapat menggunakan jaringan 5G, sehingga pengguna dapat menikmati kecepatan internet super cepat dan koneksi yang stabil. 

Telah tersertifikasi bahwa selama 48 bulan penggunaan akan tetap mulus, 48 bulan penggunaan yang dimaksud bukanlah tanpa jeda. Meski demikian hasil tersertifikasi itu bisa berbeda bagi setiap pengguna karena dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti lingkungan jaringan dan kebiasaan penggunaannya.

Untuk banterainya, Smartphone ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar 5000mAh yang didukung dengan fitur pengisian daya cepat supervooc 100 W dengan itu diklaim untuk mengisi baterai hingga 100 persen hanya menggunakan waktu lebih kurang 26 menit saja.

Fotografi

Sebagai salah satu fitur unggulan, smartphone ini dilengkapi dengan kamera sebanyak 4 buah yang terdiri dari kamera depan 1 buah dan kamera belakang 3 buah. 

Kamera utama pada Realme 11 Pro+ berukuran 200MP menggunakan sensor Samsung ISOCELL HP3 1/1.4 inci. Kamera ini berada di belakang lensa f/1.69, dengan teknolohi Super OPD fokus cepat, dan OIS yang stabil. Fitur zoomnya hingga 4 kali, sehingga objek foto jauh yang didekatkan hasil kualitas fotonya tidak berkurang. Selain itu kamera utama ini juga dapat menghasilkan foto malam hari yang jernih karena teknologi piksel fusionnya. In-sensor zoom dan algoritma AI Deep learning dapat membuat foto angkasa dimalam hari menjadi lebih detail dan indah.

Kamera kedua Realme 11 Pro+ adalah kamera ultra-wide 8MP dengan sensor Sony IMX 355 yang berada di belakang lensa 16mm f/2.2, dan juga mendukung mode Night Mode

Kamera ketiga pada Realme 11 Pro+ adalah kamera makro dengan sensor OmniVision OV02B atau GalaxyCore GC02M1 2MP yang berada di belakang lensa f/2.4. Kamera ini dapat mengambil foto dengan jarak fokus tetap sekitar 4cm sangat bagus untuk foto-foto makro seperti serangga yang hinggap dibunga.
Kamera depan pada Realme 11 Pro+ menggunakan sensor Sony IMX 615 Quad-Bayer 32MP 1/2.8 inci dengan piksel 0.8µm dan lensa f/2.45. Kamera ini memiliki lensa wide-angle yang lebih lebar dari biasanya, yakni sekitar 21mm, dan dapat melakukan zoom in/out tergantung pada adegan.

Harga

Smartphone yang memberikan kesan mewah dengan pengalaman penggunaan premium dan menyenangkan ini dijual dengan harga Rp. 6.999.000.

Posting Komentar

8Komentar

  1. Harganya lumayan juga nih. Namun memang sebanding dengan kualitasnya. Realme ini bagus juga kok. Soalnya suami saya pernah pakai handphone ini tahun 2020an

    BalasHapus
  2. Kirain sampe berapaan harganya mengingat performanya...dengan penampilan mewah dan pengalaman penggunaan premium dan menyenangkan hanya dibandrol dengan harga Rp. 6.999.000.

    BalasHapus
  3. Ya ampun keren bangettt....
    Kemarin saya menimbang2 pingin beli realme
    Karena Mbak Rien sering posting hasil kamera realme yang kece abis
    Fixed deh pilih Realme 11 Pro 5G, specnya gahar harganya terjangkau

    BalasHapus
  4. Daku naksir sama kameranya ini, wuaah banget itu MP-nya. Kebayang semisal buat foto² produk atau pemandangan bakalan bisa maksimal nih hasilnya

    BalasHapus
  5. Langsung jatuh cinta Realme 11 Pro+ 5G pas disebut bodi belakang berbahan Premium Vegan Leather. Karena dulu pernah menggunakan HP sejenis merk lain, dan rasanya nyaman banget, berasa uda pakai casing elegan.

    BalasHapus
  6. Spek kameranya ciamik tenan. Bikin saya melongo agak lama karena kaget. Sudah ada yang 200 MP. Keren! Jadi pengen jajal kemampuannya.

    BalasHapus
  7. Wow kameranya, gede banget pikselnya ya. Dijamin keren nih hasil jepretannya. Untuk aku, spek kamera yang bagus gini yang biasanya jadi prioritas saat beli. Ceki-ceki lebih jauh ah. Kepengen juga nih walopun harganya lumayan :D

    BalasHapus
  8. wah keren banget ya Realme 11 Pro+ 5G ini speknya mumpuni banget, jadi suka banget nih pengen beli ..

    BalasHapus
Posting Komentar