Review Jujur Performa Konsol Game: Asus ROG Ally

Andi Telaumbanua


Penggunaan konsol game untuk memainkan berbagai game PC semakin mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Salah satu produknya yang terkenal saat ini yaitu Asus ROG Ally yang memiliki spesifikasi dan performa terbaik untuk menunjang permainan game.

Tidak hanya itu, peningkatan penjualan Asus ROG Ally juga terjadi karena harga yang dibanderol untuk konsol dengan performa terbaiknya terbilang cukup murah. Bahkan, teknologi yang digunakan sudah terbilang canggih dan berbasis Windows 11.

Basis konsol game yang berupa Windows 11 membuat perangkat Asus yang satu ini dapat Anda gunakan untuk memainkan permainan di semua aplikasi windows. Platform gaming yang bisa Anda mainkan menggunakan Asus ROG Ally seperti Games, Steam, Epic, dan lain sebagainya.

Performa Asus ROG Ally

Asus ROG Ally memiliki performa yang mumpuni karena dilengkapi dengan prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme (Zen 4, 8-core 16-threads) dengan total cache sebesar 24MB. Perangkat keras yang satu ini dirancang khusus untuk memudahkan pengguna bermain game dan telah dilengkapi juga dengan GPU yang terintegrasi dengan arsitektur RDNA 3. 

Penyimpanan dari Asus ROG Ally menggunakan RAM sebesar 16GB dengan LPDDR5 dual-channel. Sedangkan storage penyimpanannya berupa SSD NVMe M.2 Gen 4 sebesar 52GB.

Besarnya penyimpanan yang ada dan penggunaan prosesor yang memadai membuat performa Asus ROG Ally bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tidak hanya itu, ROG Ally juga menyediakan beberapa mode mulai dari mode Silent, Turbo dan Performance.

Setiap mode yang Anda aktifkan tentunya memiliki kekuatan dan kecepatan yang berbeda-beda. Bahkan bisa dibilang jika mode tersebut mewakili level kinerja yang ingin Anda manfaatkan saat menggunakan ROG Ally dan sejalan dengan banyaknya konsumsi daya.

Mode tertinggi yang bisa Anda gunakan dari konsol game Asus ROG Ally yaitu mode Turbo. Pada saat berada dalam mode Turbo, level kinerja yang dihasilkan mencapai 25W tanpa charger. Namun, level kinerja konsol game ini akan meningkat jika terhubung dengan charger menjadi 30W.

Walaupun demikian, level kinerja mode Turbo sebesar 25W cukup bagus untuk menjalankan sebagian besar game AAA. Akan tetapi, mode Turbo yang terhubung dengan charger dan mencapai 30W sangat mengasyikkan walaupun cukup repot karena harus menghubungkannya dengan charger.

Kelebihan dari Konsol Game Asus ROG Ally

Setelah mengetahui performa perangkat Asus yang cukup tinggi ini, Anda juga perlu mengetahui beberapa kelebihan dari konsol game yang satu ini. Sehingga Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli perangkat keras yang satu ini atau tidak dengan mengetahui kelebihan yang ditawarkan.

1. Layar yang Berkualitas

Kelebihan pertama dari Asus ROG Ally yaitu penggunaan layar yang berkualitas karena dilengkapi dengan layar sentuh IPS 7 inci yang beresolusi full HD dengan refresh rate sebesar 120Hz. Tidak hanya itu, layar konsol game ini juga mendukung AMD FreeSync Premium yang bisa memberikan pengalaman bermain game yang lebih mulus.

2. Audio dengan Kualitas Tinggi

Kelebihan lainnya yang juga bisa menunjang alasan Anda untuk membeli produk Asus ini yaitu dengan adanya audio berkualitas tinggi. Hal ini bisa jelas terlihat dari pemakaian dua buah speaker yang menghadap ke depan dan telah didukung oleh teknologi Dolby Atmos sehingga suara yang dihasilkan menjadi lebih immersive.

3. Desain yang Ergonomis

Kemudian, Anda juga bisa menggunakan konsol genggam yang telah didesain ergonomis. Hal ini membuat setiap pengguna akan merasa nyaman walaupun menggenggamnya dalam jangka waktu yang lama karena didesain dengan dimensi yang pas dan juga tidak terlalu berat.

4. Sistem Pendingin yang Lebih Optimal

Terakhir, Anda juga bisa merasakan kelebihan Asus ROG Ally yang telah menggunakan sistem pendingin yang lebih optimal sehingga performa konsol game menjadi lebih stabil. Sistem pendingin yang digunakan oleh perangkat keras yang satu ini yaitu bernama ROG Zero Gravity Thermal System.

Penggunaan Asus ROG Ally sangat cocok bagi Anda yang ingin memainkan game PC yang disukai dengan lebih mudah dan dalam format yang lebih portabel. Bahkan, perangkat ini sangat cocok untuk Anda yang seringkali bermain game menggunakan konsol dengan cara menggenggamnya kuat namun awet dan tahan lama.

Performa dan kelebihan-kelebihan yang bisa Anda temukan pada perangkat Asus ROG Ally bisa membuat permainan game yang dimainkan menjadi lebih lancar dan mengasyikkan. Demikian ulasan mengenai performa Asus ROG Ally sebagai konsol game terkini, semoga bermanfaat.

 

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)