Aplikasi Dompet Digital Yang Populer - Catatan Anjos
Info Lainnya
Loading...

Aplikasi Dompet Digital Yang Populer

 

Dompet digital atau e-wallet adalah sebuah aplikasi yang digunakan sebagai alat pembayaran dan sekaligus alat penyimpanan uang yang tidak dalam bentuk fisik.

Didukung Perkembangan teknologi alat komunikasi telepon genggam, dompet digital menjadi lebih berkembang dan semakin menyingkirkan penggunaan uang secara fisik di kota-kota besar.

Adapun aplikasi dompet digital yang populer versi catatan anjos adalah :

1. Link Aja

Link Aja yang sebelumnya adalah produk telkomsel bernama Tcash. Lalu pada tahun 2019 yang lalu bersama sejumlah BUMN yang didominasi perbankan menjadikan dompet digital plat merah ini menjadi Link Aja. Sekaligus menyatukan berbagai dompet digital kepemilikan bank yang terlebih dahulu sudah muncul.

Ada dua jenis tipe akun yaitu basic service dan full service. Perbedaan utama pada kedua jenia akun tersebut adalah saldo maksimumnya. Saldo maksimum Basic service adalah Rp. 2 juta dan full service adalah Rp. 10 Juta. Melalui aplikasi ini bisa juga dilakukan kirim dan tarik uang, namun hanya berlaku pada akun full service.


2. OVO

OVO mulai didirikan pada tahun 2006 dibawah naungan PT Visionet Internasional yang dibentuk oleh PT Multipolar Tbk untuk memenuhi kebutuhan EDC Lippo Bank yang sejak 1 november 2008 telah digabungkan dengan Bank CIMB Niaga.

Dalam perjalannyanya, tahun 2016 OVO berkembang sebagai aplikasi yang menawarkan pembayaran, poin loyalitas, dan layanan keuangan hingga pembayaran di toko-toko online.

Namun baru tahun 2017, OVO mendapatkan lisensi uang elektronik (e-wallet) dan aktif menggelar promosi diskon dan cash back untuk menjaring pengguna.

Ovo memiliki dua jenis keanggotaan, yakni OVO Club dan OVO Premier . Untuk OVO Club, Saldo OVO Cash hingga Rp 2 juta, Sedangkan untuk OVO Premier, Saldo OVO Cash hingga Rp 10 juta dengan layanan lainnya Gratis Transfer ke semua Bank dan Gratis Transfer Antar Pengguna.

3. GoPay

GoPay adalah layanan keuangan elektronik untuk melakukan transaksi pembayaran dan keuangan melalui aplikasi Gojek. Pada 2019 yang lalu GoPay menjadi layanan keuangan elektronik yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Semula pada tahun 2016, GoPay hadir hanya untuk transaksi nontunai antara driver gojek dan pelanggannya. Seiring waktu, tahun 2018 GoPay berkembang untuk bertransaksi di luar jasa yang disediakan Gojek.

Gopay sudah melayani 420 ribu merchant, 90 persen di antaranya tersebar di 390 kota/kabupaten di Indonesia dan mungkin akan terus berkembang.

4. DANA

Mulai berdiri pada tahun 2018 sebagai aplikasi yang menawarkan pembayaran, poin loyalitas, dan layanan keuangan dibawah naungan PT Espay Debit Indonesia Koe.

Saat ini jumlah pengguna sudah  mencapai 40 juta. Sejak April 2020 lalu Danan meluncurkan program bantu warung tetangga, tercatat lebih dari 3.500 warung telah terdaftar. Melalui program itu, Dana bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop), sehingga warung yang telah terdaftar akan mendapatkan bantuan dari Kemenkop.

5. Doku

Doku dibuat tahun 2007 dipayungi PT Nusa Satu Inti Artha. Pengguna Doku dibagi menjadi 2, yakni User Biasa dan User Premium.

Sebagai pelopor pembayaran elektronik di Indonesia, Doku terus melakukan inovasi teknologi untuk menghasilkan solusi pembayaran yang bisa menjawab berbagai kebutuhan bisnis, seiring dengan dinamika ekonomi.

Saat ini Doku memiliki lebih dari 3 juta pengguna dengan mitra usaha sebanyak 150 ribu lebih. Bagi yang ingin belanja di Aliexpress, Doku dapat digunakan dengancukup mudah dan juga cepat.

Itulah 5 aplikasi dompet digital yang populer. Dimana setiap pemilik ponsel pintar pasti memiliki salah satu dari aplikasi dompet digital tersebut.

Bagikan di :

15 komentar

  1. Dari semua daftar dompet digital di atas, yang umum saya gunakan adalah Gopay. Adanya dompet digital memudahkan kita dalam melakukan transaksi, terutama saat pandemi begini, di mana transaksi sebaiknya non tunai

    BalasHapus
  2. Semua dompet digital diatas aku pakai kak. Kecuali link aja sih. Dengan dompet digital bikin teansaksi lebih mudah dan aman.jadi kemana mana jarang bawa uang cash

    BalasHapus
  3. 1,2,3 saya pakai. Hehehe. Pokoknya hidup enteng banget sejak ada dompet digital ini. Gak perlu harus sering-sering ke ATM ambil duit. Tinggal transfer online saja.

    BalasHapus
  4. hampir semuanya ada di smartphone saya kak. kecuali doku saya belum pernah pakai ya. Kadang suka takut aplikasi baru.

    BalasHapus
  5. Paling senang pakai Gopay, itung2 bantu brand lokal hihi.. Seneng bgt pakai ewallet, transaksi jadi super praktis. Cocok untuk generasi rebahan kayak aku yang ke ATM aja masih suka ngeluh wqwq. Yah meski belum semua warung bisa pakai ewallet.

    BalasHapus
  6. kami malah punya 3 mbak. Xixixi.. gopay dan ovo di hpku, gopay dan link Aja di hp suami. Mau gak mau harus pake dompet digital ini. Karena memang mempermudah transaksi plus sering ada promo juga.

    BalasHapus
  7. Aku pun pakai 1,2,3, sih Kak. Link Aja karena waktu itu di kampus pakai Link Aja di kantin. Trus kan sinkron ama provider tertentu. Cukup sih segitu. Banyak-banyak yaa diisi apa...hehe...

    BalasHapus
  8. Obo pernah pakai, gopay juga. Link aja tidak pernah, dana juga sama. Kalau untuk dompet digital, saya masih pakai BNI mobile sih. Sering dipakai buat jasa transfer uang dari teman-teman. Kalau di luar BNI, saya pakai flip. Gratis ongkir antarbank. Hehe..

    BalasHapus
  9. Masing-masing aplikasi tentu punya keunggulan tersendiri. Menarik menantikan perkembangan ke depan, apa lagi dan apa lagi ide dan inovasi baru untuk memudahkan pembayaran.

    BalasHapus
  10. Semua punya kecuali Link Aja. E wallet emang memudahkan transaksi banget apalagi di masa pandemi gini. Semua tingal klik bisa langsung memudahkan kebutuhan kita maunya apa.

    BalasHapus
  11. Kalo saya pribadi memang pakai aplikasi dompet online ini secara bijak, artinya sesuai kebutuhan saja. Saya hanya pakai satu dari list pada artikel di atas, yaitu pake GOPAY, karena lebih praktis dan enak aja dipakenya...makasih infonya kak Anjos :)

    BalasHapus
  12. Dari aplikasi dompet digital yang populer Bang Andi tulis ini, baru cek di smartphone, ternyata saya cuma punya OVO dan GOPAY. Yang 3 lagi blm, hehe... serba mudah ya pake dompet digital seperti ini.

    BalasHapus
  13. Aplikasi digital semakin banyak aja ya uda akhirnya kerjaan saya install dan uninstaal aplikasi kalau ada promo heheh maklum penyuka diskon saya tuh dan semua aplikasi diatas sy punya akunnya hihi

    BalasHapus
  14. Saya punya 4 dompet digital, DANA, LinkAja, OVO, dan GOPAY, yang gak punya cuma DOKU 😁

    BalasHapus
  15. wah saya baru tau kalau ada aplikasi doku ini. sebelum pandemi ini saya juga sudah sering menggunakan dompet digital seperti ovo, gopay, dana, linkaja, dan shoppepay hehheh

    BalasHapus

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done